Kumpulan Berita dan Informasi Terbaru. Update Artikel Unik dan Menarik Terkini Seputar Teknologi, Berita Terhangat dan Lain Sebagainya.

5 Cara Mengusir Semut Di Dapur Dengan Mudah

5 Cara Mengusir Semut Di Dapur Dengan MudahSalah satu hewan hama pengganggu yang sering mengusik dapur adalah semut. Tak hanya mengincar tempat penyimpanan gula saja, semut sering terlihat mengelilingi makanan atau tempat penyimpanan bumbu dapur. Bagaimana cara mengusir semut di dapur dengan mudah? Tentu ada beragam tindakan yang bisa ditempuh agar semut tak datang menyerang dan merusak persediaan makanan/bumbu dapur.


Jauhkan semut dari dapur

Bukan hal mudah untuk dilakukan, tetapi bukan sesuatu yang tidak mungkin. Sekarang ada beragam produk pembasmi semut berbahan kimia, baik itu berbentuk botol semprot atau kapur. Pilih salah satu produk yang paling disukai sesuai kebutuhan, carilah sarang semut atau jalur akses menuju dapur. Semprot atau tabur produk pembasmi. Biasanya, semut masuk ke dapur lewat lubang-lubang kecil atau retakan jendela, taburi kapur semut agar tak bisa dilalui.

Menutup rapat & daun salam

Semut mengincar makanan dan bumbu dapur. Oleh karena itu, simpan bumbu dapur di dalam wadah seperti toples. Menyimpan makanan atau bumbu dapur di dalam kantong plastik terkadang tak efektif, beberapa jenis semut akan merobek plastik. Pastikan toples tertutup rapat, sehingga tak bisa ditembus. Salah satu cara mengusir semut di dapur dengan mudah yakni meletakkan beberapa lembar daun salam di beberapa area favorit seperti lemari penyimpanan makanan/bumbu dapur.

Pita perekat

Selain kapur atau semprotan pembasmi semut, memasang pita perekat terbilang efektif dan aman. Pemakaian kapur atau semprotan semut berbahan kimia tentu akan berbahaya bila rumah dipenuhi anak-anak dan hewan peliharaan. Pasanglah pita perekat di lokasi strategis, terutama area favorit para semut.

Dapur bersih

Cegah semut datang lagi ke dapur dengan melakukan pembersihan secara rutin. Luangkan waktu satu jam untuk membersihkan dapur dari segala jenis kotoran ataupun percikan air, pastikan tak ada sisa makanan menempel. Bersihkan permukaan dapur memakai larutan air plus cairan pembersih. Lantai dan meja dapur bersih bebas kotoran akan membuat semut enggan kembali. Suatu cara mengusir semut di dapur dengan mudah dan hemat.

Obat semut alami

Bila memakai produk pembasmi semut berbahan kimia bukan pilihan yang tepat, coba obat pembasmi alami. Blender kulit jeruk dengan air hangat, lalu tuangkan ke sarang semut. Selain itu, coba taburi lokasi akses semut dengan bubuk cabai rawit. Semut sangat tak menyukai aroma kulit jeruk dan bubuk cabai.


Itulah lima cara mengusir semut di dapur dengan mudah, baik secara alami ataupun kimia. Metode alami bukan sesuatu yang instan, tetapi efektif dan aman bila dibandingkan produk berbahan kimia. Dapur harus selalu bersih, bebas dari kotoran sisa makanan yang seringkali mengundang para semut untuk datang.  

5 Cara Mengusir Semut Di Dapur Dengan Mudah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: admin

0 comments: