Kumpulan Berita dan Informasi Terbaru. Update Artikel Unik dan Menarik Terkini Seputar Teknologi, Berita Terhangat dan Lain Sebagainya.

4 Cara Mengatasi Telinga Berair Secara Alami

4 Cara Mengatasi Telinga Berair Secara AlamiTelinga berair merupakan penyakit infeksi yang harus diobati secepat mungkin. Cairan yang keluar via lubang telinga tak bisa diprediksi dan mengeluarkan bau yang menusuk indera penciuman, otomatis membuat penderita tak percaya diri saat bersosialisasi. Penyakit ini biasa dikenal dengan istilah curek atau congek., Ada beberapa cara mengatasi telinga berair secara alami sebelum pergi berobat ke dokter THT (Tenggorokan, Hidung & Telinga).


Bawang putih
Bumbu dapur ini sudah lama terkenal akan kandungan alami pembasmi bakteri penyebab infeksi. Telinga berair yang mengeluarkan bau tak sedap diakibatkan infeksi. Parut beberapa siung bawang putih, masukkan ke mangkuk lalu tambahkan minyak zaitun secukupnya. Tutup dan simpan semalaman.

Saring ramuan ke botol penetes atau pipet. Tuangkan tiga tetes ke telinga. Meskipun efektif mengatasi telinga berair, metode ini tak disarankan bila gendang telinga sudah tertusuk. Konsultasi dahulu ke dokter bila ingin memakai tetesan bawang putih bersamaan dengan obat medis standar.

Vinegar & alkohol
Cara mengatasi telinga berair secara alami yang terbukti efektif yaitu memakai campuran vinegar (cuka) dan alkohol. Ramuan ini ampuh menghilangkan gatal-gatal dan infeksi di saluran telinga. Bagaimana cara membuatnya? Siapkan mangkok, tuangkan beberapa sendok makan vinegar putih dan alkohol.

Setelah tercampur rata masukkan ke botol penetes atau pipet. Tuangkan dua tetes ke telinga yang terinfeksi, pastikan cairan sampai ke bagian terdalam sebelum dikeluarkan dengan cara memiringkan kepala. Konsultasi ke dokter bila masih kurang yakin apakah ramuan ini efektif jika dipakai bersamaan dengan obat resep medis.

Terapi panas
Telinga berair yang tergolong parah biasanya disertai rasa sakit yang cukup menyiksa. Daripada mencoba obat pereda nyeri, kompres telinga yang terinfeksi dengan botol air hangat atau panas. Nyeri dijamin berkurang dan menghilang.

Pola makan
Cara mengatasi telinga berair secara alami yakni memperbaiki pola makan. Perbanyak makan sayuran dan buah-buahan untuk mempercepat proses penyembuhan dan meningkatkan imun. Minum jus campuran buah dan sayur supaya penyerapan nutrisi untuk penyembuhan lebih efektif. Jangan lupa memperbanyak makan sayur yang kaya kandungan beta-carotene seperti bayam, brokoli, wortel, labu, ubi jalar dan sayur berwarna hijau gelap.


Itulah empat cara mengatasi telinga berair secara alami yang wajib dicoba sebelum pergi ke dokter, menjalani perawatan medis dan mempercepat proses penyembuhan. Konsultasi ke dokter terlebih dahulu bila tak yakin menjalani salah satu metode pengobatan alami diatas.

4 Cara Mengatasi Telinga Berair Secara Alami Rating: 4.5 Diposkan Oleh: admin

0 comments: