Kumpulan Berita dan Informasi Terbaru. Update Artikel Unik dan Menarik Terkini Seputar Teknologi, Berita Terhangat dan Lain Sebagainya.

6 Tips Sebelum Membeli Rumah Bekas

6 Tips Sebelum Membeli Rumah BekasBeberapa orang mungkin lebih memilih membeli rumah bekas daripada rumah baru, beragam alasan dibalik keputusan tersebut seperti harga, lokasi atau lingkungan. Tertarik? Ada beberapa tips sebelum membeli rumah bekas yang wajib dipelajari.

6 Tips Sebelum Membeli Rumah Bekas

Perkaya pilihan

Jangan cepat mengambil keputusan! Melihat satu atau dua rumah belum cukup, perkaya opsi atau pilihan dengan mengecek iklan-iklan rumah yang ada di media cetak ataupun internet. Semakin banyak pilihan akan mempermudah proses pencarian rumah idaman. Tapi, jangan terlalu banyak! Cukup tujuh hingga sepuluh rumah saja yang tercatat di dalam daftar.

Pelajari kebutuhan

Cari tahu kebutuhan dasar! Sebuah rumah idaman harus mampu memenuhi kebutuhan dasar, misalkan membeli rumah dekat sekolah anak atau tempat kerja, sebuah keputusan yang akan menghemat biaya transportasi dan waktu. Pastikan kebutuhan utama bersifat jangka panjang.

Mengenali lingkungan

Salah satu tips sebelum membeli rumah bekas yang wajib dipelajari! Kenali lingkungan di sekitar rumah idaman, cobalah menyapa dan berbincang-bincang dengan warga/tetangga. Rumah idaman harus berada dalam lingkungan masyarakat yang ramah dan aman dari beragam jenis ancaman.

Menyewa agen real estate

Bila kesulitan menelusuri iklan-iklan rumah yang ada di media cetak ataupun internet, coba menyewa jasa agen real estate. Cari agen profesional yang sudah paham betul dengan area kota atau tempat tinggal yang diinginkan. Agen real estate profesional akan siap mencari atau menawarkan rumah yang sudah lolos uji kelayakan. Ini merupakan langkah yang aman agar terhindari dari penipuan.

Tipe dan kondisi rumah

Rumah bekas tersedia dalam beragam macam pilihan, mulai dari ukuran, desain, bentuk bangunan dan sebagainya. Pilihlah yang tepat, sesuai idaman yang diinginkan selama ini. Pikirkan hal lain seperti perawatan, sistem drainase/got, interior, eksterior, pekarangan depan atau belakang.

Lihatlah struktur dan konstruksi rumah lebih dekat. Perhatikan baik-baik setiap sudut ruangan, mulai dari kamar tidur, kamar mandi, ruang dapur, ruang makan, plafon dan lantai. Beberapa bagian rumah mungkin tidak seperti yang diharapkan dan membutuhkan perbaikan.

Pertimbangkan biaya tambahan

Salah satu tips sebelum membeli rumah bekas yakni mempertimbangkan biaya tambahan yang akan dikeluarkan seperti asuransi, perawatan atau perbaikan kecil atau besar. Bila rumah bekas idaman perlu beberapa sentuhan, tentu harus menyiapkan biaya ekstra.


Itulah beberapa tips sebelum membeli rumah bekas yang wajib diperhatikan dengan seksama. Beli rumah sesuai kebutuhan dan dana, jangan paksa membeli rumah diluar dana yang dimiliki apalagi sampai berhutang di bank.

6 Tips Sebelum Membeli Rumah Bekas Rating: 4.5 Diposkan Oleh: admin

0 comments: