Kumpulan Berita dan Informasi Terbaru. Update Artikel Unik dan Menarik Terkini Seputar Teknologi, Berita Terhangat dan Lain Sebagainya.

6 Manfaat Buah Kurma Yang Patut Anda Ketahui

6 Manfaat Buah Kurma Yang Patut Anda KetahuiBuah kurma seringkali ditemui saat bulan puasa tiba. Buah yang berasal dari tanah arab itu kerap disajikan sebagai hidangan buka puasa. Dibalik rasa manis dan ukuran yang mungil, ada manfaat buah kurma yang patut anda ketahui karena berhubungan langsung dengan kesehatan manusia. Apa sajakah itu?

6 Manfaat Buah Kurma Yang Patut Anda Ketahui

Kaya vitamin & mineral

Meskipun ukuran kurma tergolong mungil, buah ini kaya mineral dan vitamin yang diperlukan tubuh. Kurma termasuk buah yang bebas kolesterol dan rendah lemak. Tak hanya itu saja, buah arab itu terkenal sebagai sumber protein tinggi, beragam jenis asam amino, serat larut dan tidak larut. Vitamin yang terkandung berupa A1, C, B1, B2, B3 dan B5. Semua senyawa yang diperlukan sistem pencernaan agar bekerja semestinya.

Sumber energi sehat

Kurma merupakan sumber energi karena kandungan gula alami yang aman bagi kesehatan seperti fruktosa, sukrosa dan glukosa. Kurma bisa disajikan sebagai cemilan bergizi, campurkan saja ke dalam segelas susu. Mengonsumsi kurma sebagai cemilan sehat merupakan pilihan tepat karena kandungan rendah kalori.

Menyehatkan sistem saraf

Sebutir buah kurma mengandung potassium tinggi yang sangat baik dalam menjaga fungsi sistem saraf. Menurut para pakar kesehatan, jumlah asupan potassium tinggi akan mengurangi segala macam kemungkinan stroke. Bagi pengidap kolesterol tinggi, kurma mampu menurunkan kadar kolesterol jahat. Itulah salah satu manfaat buah kurma yang patut anda ketahui.

Pencegah anemia

Penderita tekanan darah rendah atau anemia sewaktu menjalani ibadah puasa di bulan Ramadhan disarankan mengonsumsi buah kurma saat berbuka dan jelang imsak. Kurma kaya kandungan zat besi yang berfungsi atasi anemia. Selain itu, menurut para pakar kesehatan, kurma mengandung fluorine yang berfungsi memperlambat proses kerusakan gigi.

Menyembuhkan sembelit

Ini dia manfaat buah kurma yang patut anda ketahui. Buah kurma mengandung serat tinggi yang mampu memperlancar saluran pencernaan dan mengatasi sembelit, masalah kesehatan yang kerap muncul selama menjalani ibadah puasa Ramadhan. Rendam buah kurma semaleman di dalam air minum lalu dimakan, jangan lupa meminum air rendaman untuk manfaat ekstra.

Penambah berat badan

Bagi mereka yang bermasalah dengan berat badan kurus, makan saja buah kurma. Menurut para pakar kesehatan, kurma memiliki kandungan sehat sebagai makanan penambah berat badan, terlebih lagi bebas kolesterol dan rendah lemak. Kandungan gula alami membuat kurma aman dikonsumsi.


Itulah enam manfaat buah kurma yang patut anda ketahui bagi kesehatan. Tentu saja, masih ada beragam manfaat yang masih diteliti oleh para pakar. Hanya masalah waktu saja untuk mengetahui manfaat lain buah kurma yang berefek positif. 

6 Manfaat Buah Kurma Yang Patut Anda Ketahui Rating: 4.5 Diposkan Oleh: admin

0 comments: