Kumpulan Berita dan Informasi Terbaru. Update Artikel Unik dan Menarik Terkini Seputar Teknologi, Berita Terhangat dan Lain Sebagainya.

6 Cara Yang Harus Dilakukan Agar Badan Anak Bertambah Tinggi

6 Cara Yang Harus Dilakukan Agar Badan Anak Bertambah TinggiAnak tumbuh tinggi merupakan dambaan para orang tua. Namun, beberapa faktor tertentu menyebabkan pertumbuhan tinggi badan melambat dan tak bekerja semestinya. Lalu, bagaimana mengatasinya? Berikut beberapa cara yang harus dilakukan agar badan anak bertambah tinggi.

6 Cara Yang Harus Dilakukan Agar Badan Anak Bertambah Tinggi

Tidur berkualitas

Istirahat dan tidur berkualitas membantu pertumbuhan tubuh. Dalam tahap itu, HGH (Human Growth Hormone) atau hormon pertumbuhan akan diproduksi secara alami. Anak dan remaja dalam masa pertumbuhan disarankan tidur delapan hingga sebelas jam. Tidur berkualitas artinya tubuh istirahat di malam hari tanpa ada gangguan dan bangun pagi dalam keadaan segar.

Rajin berolahraga

Aktif berolahraga selama masa pertumbuhan akan merangsang pertumbuhan tinggi badan. Tubuh terus aktif akan membutuhkan peningkatan asupan nutrisi. Beberapa jenis olahraga yang merangsang pertumbuhan yaitu renang, sepakbola, basket, tenis, erobik dan sebagainya. Aktifitas fisik atau olahraga wajib dilakukan setiap hari karena akan membersihkan racun melalui keringat.

Menjaga postur tubuh

Salah satu cara yang harus dilakukan agar badan anak bertambah tinggi adalah mengajarkan mereka menjaga postur tubuh. Ajarkan anak cara duduk yang baik di kursi, baik ketika makan, belajar atau bersantai. Ajarkan pula cara berjalan yang baik, yakni tidak dalam posisi membungkuk. Tulang belakang yang lurus dan punggung yang kuat akan merangsang pertumbuhan tinggi badan.

Pola makan seimbang

Pastikan tubuh memperoleh nutrisi lengkap dan tepat. Jauhi makanan/minuman yang tak mempunyai nilai gizi seperti makanan bergula, lemak jenuh dan minuman bersoda. Agar bertambah tinggi, pastikan tubuh memperoleh asupan mineral dan vitamin seperti protein, zat besi, kalsium, fosfor, magnesium, karbohidrat dan vitamin D.

Memperkuat sistem imun

Beberapa jenis penyakit akan memperlambat proses pertumbuhan badan. Hindari hal ini dengan mengonsumsi vitamin C dan imunisasi rutin. Konsumsi buah lemon, anggur dan orange. Perkuat sistem imun dengan mengonsumsi makanan segar dan menghindari makanan olahan. Pola makan sehat akan menguatkan sistem imunitas, padukan menu makan harian dengan buah-buahan.

Latihan yoga

Beragam latihan yoga akan merangsang pertumbuhan tinggi badan secara alami. Yoga akan menjaga kebugaran tubuh yang berguna merangsang pertumbuhan. Beberapa gerakan yoga tertentu akan melepaskan hormon pertumbuhan seperti trikonasana, bhujangaasana, tadasana, sukhasana, Vriksasana dan Suryanamaskar.


Itulah enam cara yang harus dilakukan agar badan anak bertambah tinggi dengan optimal. Padukan semuanya secara seimbang, mulai dari tidur, pola makan, istirahat hingga aktifitas olahraga. Faktor genetika turut serta memegang peranan penting, namun langkah-langkah diatas akan sangat membantu.

6 Cara Yang Harus Dilakukan Agar Badan Anak Bertambah Tinggi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: admin

0 comments: