Kumpulan Berita dan Informasi Terbaru. Update Artikel Unik dan Menarik Terkini Seputar Teknologi, Berita Terhangat dan Lain Sebagainya.

4 Cara Mengatasi Sakit Leher Karena Salah Tidur

4 Cara Mengatasi Sakit Leher Karena Salah TidurTidur merupakan aktifitas istirahat bagi tubuh setelah aktifitas seharian agar kembali fit seperti semula keesokan harinya. Walaupun demikian, beberapa orang pernah mengalami cedera sakit leher akibat salah tidur atau salah bantal. Hal yang perlu dipersalahkan adalah posisi tidur tanggung sehingga penggunaan batal tidak pas. Lalu, bagaimana cara mengatasi sakit leher karena salah tidur?


Bergerak pelan
Jangan bergerak terlalu cepat ketika terbangun tidur dengan leher kaku. Usahakan bangkit dari tempat tidur dengan posisi yang sama, ini bantu mengurangi rasa sakit yang menyiksa. Bergerak terlalu cepat atau buru-buru membuat keadaan semakin bertambah parah. Berdiam sementara waktu sebelum melangkahkan kaki keluar dari kamar tidur.

Rendam air hangat
Bangun pagi disertai sakit leher membuat hari terasa berat, mood beraktifitas menurun. Segera pulihkan kondisi tubuh dengan mandi atau rendam air hangat.  Arahkan air ke bagian leher yang sakit atau kompres dengan handuk hangat. Metode rumahan ini bantu mengatasi peradangan otot-otot dan mengurangi rasa sakit. Cara mengatasi sakit leher karena salah tidur yang bisa ditempuh yakni mengompres leher dengan botol sirup yang berisikan air hangat, lakukan hal ini sebelum dan sesudah tidur.

Senam leher
Selesai mandi atau kompres air panas, coba lakukan senam leher. Caranya mudah, cukup menggerakkan kepala perlahan-lahan secara melingkar. Pertama-tama, tekuk leher ke bawah lalu putar ke kiri hingga ke kanan secara perlahan-lahan. Gerakan atau senam ini bantu menenangkan otot-otot sekitar leher yang kaku.

Sandaran kepala
Bantal merupakan salah satu faktor penyebab sakit leher karena salah tidur. Ketika akan tidur di malam hari, gunakan handuk sebagai penopang tambahan. Siapkan handuk tebal yang bersih lalu gulung menyesuaikan tingkat kenyamanan yang diinginkan. Handuk gulung harus mendukung seluruh lebar leher sebab posisi tidur akan dilakukan cukup lama hingga terbangun di pagi hari.  Taruh handuk gulung tepat dibawah leher, pastikan punggung dan kepala tidak menyentuhnya.

Metode ini sangat efektif melawan dan mengurangi sakit leher, bahkan memberi pijatan lembut ketika berbaring diatas kasur. Penderita dapat mencoba beragam posisi tidur dengan handuk gulung, terkecuali tengkurap. Terapkan metode handuk gulung hingga rasa sakit leher hilang.


Jadi, ada empat cara mengatasi sakit leher karena salah tidur yang bisa dicoba. Oleskan balsem khusus otot pegal di area sekitar leher demi mengurangi rasa sakit. Untuk sementara waktu, ganti bantal lama dengan yang baru. Biasanya sakit leher terjadi akibat bantal sudah tak nyaman dipakai.

4 Cara Mengatasi Sakit Leher Karena Salah Tidur Rating: 4.5 Diposkan Oleh: admin

0 comments: