Kumpulan Berita dan Informasi Terbaru. Update Artikel Unik dan Menarik Terkini Seputar Teknologi, Berita Terhangat dan Lain Sebagainya.

6 Cara Mengatasi Laptop Tiba-Tiba Mati Total

6 Cara Mengatasi Laptop Tiba-Tiba Mati Total Laptop sudah menjadi barang penting bagi semua orang, fungsinya tak tergantikan lagi sebagai penyimpan data-data penting. Jika gadget ini jarang dirawat secara rutin akan menyebabkan mati mendadak, suatu momen yang tak ingin dialami. Harap tetap tenang dan tidak panik bila itu terjadi. Cobalah beberapa cara mengatasi laptop tiba-tiba mati total dibawah ini sebelum membawanya ke tempat servis.


Cabut baterai
Langkah awal yang bisa dilakukan yaitu melepaskan baterai laptop dan biarkan selama 5 detik sebelum dipasang kembali. Setelah baterai terpasang dengan benar di posisi semula, coba nyalakan laptop. Metode ini cukup efektif untuk menghidupkan kembali laptop yang mati mendadak, gampang dilakukan oleh orang awam karena tanpa proses tambahan.

Pakai charger
Apabila langkah pertama tak memberi hasil yang menggembirakan, coba menyalakan laptop dengan kondisi charger terpasang langsung, pastikan melepas baterai terlebih dahulu. Metode ini untuk mengecek kondisi baterai, apakah masih bagus atau rusak. Biasanya, laptop mati total akibat baterai sudah tidak berfungsi atau rusak.

Copot memori
Cara mengatasi laptop tiba-tiba mati total yang wajib dicoba, namun harus berani membongkar bodi laptop. Copot memori dari tempatnya lalu bersihkan sebelum dipasang kembali. Membersihkan memori cukup memakai kertas atau penghapus, usap searah bagian ujungnya. Biasanya, laptop mati mendadak akibat memori rusak atau kotor. Bila menyala kembali seperti semula, luangkan waktu untuk merawat kebersihan memori secara rutin.

Ganti prosesor
Salah satu penyebab yang wajib diwaspadai adalah kerusakan prosesor. Bila langkah satu hingga tiga tak menunjukkan hasil positif, coba mengganti prosesor laptop dengan yang setipe dan nyalakan. Bila laptop kembali nyala berarti anda perlu mengeluarkan uang untuk prosesor yang baru.

Tes komponen
Cara mengatasi laptop tiba-tiba mati total yaitu melakukan pengecekan komponen. Coba nyalakan laptop yang hanya terpasang memori dan prosesor saja, bila menyala tanpa masalah berarti komponen lain ada yang mengalami kerusakan, entah itu wificard, harddisk ataupun DVD drive.

Bersihkan laptop
Langkah terakhir yang cukup rumit yaitu membongkar dan membersihkan bagian dalam laptop. Jangan lakukan hal ini bila tak paham dan ragu membongkar bodi laptop, tapi sebenarnya cukup mudah dilakukan. Beberapa komponen perlu dilepaskan dan dibersihkan seperti wifi card, DVD drive, memory dan harddisk. Pakai kuas agar proses pembersihan lebih efektif. Setelah semua bersih bebas debu, pasang kembali semua komponen dan nyalakan laptop.


Itulah enam cara mengatasi laptop tiba-tiba mati total yang bisa dilakukan sendiri di rumah. Beberapa metode diatas perlu ketelitian dan keahlian, hati-hati bila kurang yakin. Bawa ke tempat servis terdekat untuk penanganan yang lebih terpadu.

6 Cara Mengatasi Laptop Tiba-Tiba Mati Total Rating: 4.5 Diposkan Oleh: admin

0 comments: