Kumpulan Berita dan Informasi Terbaru. Update Artikel Unik dan Menarik Terkini Seputar Teknologi, Berita Terhangat dan Lain Sebagainya.

6 Cara Mengatasi Sakit Kepala Secara Cepat

Sakit kepala merupakan salah satu jenis penyakit yang bisa menyerang kapan saja dan dimana saja. Beragam cara mengatasi sakit kepala secara cepat, entah memakai produk obat atau sesuatu yang lebih alami. Tak perlu panik ketika sakit kepala menyerang, lakukan tindakan pengobatan dan preventif berikut ini!


Obat pereda nyeri

Sakit kepala selalu disertai rasa nyeri tak nyaman. Untungnya, ada beragam jenis pengobatan tersedia di apotik untuk meredakan sakit kepala yang menyerang tiba-tiba. Beberapa obat pereda nyeri sakit kepala yang paling banyak digunakan seperti aspirin, naproxen, acetaminophen dan ibuprofen. Perhatikan dosis pemakaian sesuai yang tertera dalam kemasan.

Minum air

Ketika sakit kepala menyerang, perbanyak minum air. Salah satu penyebab sakit kepala adalah dehidrasi, terutama ketika kelaparan atau habis muntah-muntah. Bila rasa nyeri mulai menyerang, minumlah satu atau dua gelas air kemudian diikuti beberapa porsi gelas. Bila rutin, rasa nyeri saat sakit kepala menyerang lambat laun akan berkurang.

Minum kafein

Caramengatasi sakit kepala secara cepat dan terbukti ampuh yaitu meminum kafein. Namun harus berhati-hati, kafein layaknya pisau bermata dua, satu sisi bermanfaat, tetapi ada efek samping. Kafein membuat kinerja obat pereda nyeri bekerja lebih cepat dan efektif. Kafein sendiri memberi efek negatif ketergantungan yang membuat seseorang merasa pusing bila tak meminumnya.

Istirahat

Carilah tempat atau ruang yang tenang untuk beristirahat selama 30-60 menit. Tiduran dan fokus bernafas akan bantu mengusir nyeri kepala. Pastikan tempat atau ruang jauh dari kebisingan, tak terlalu banyak disinari matahari, suhu udara segar dan terdapat sofa atau tempat tiduran nyaman untuk kepala bersandar. Istirahat selama 60 menit sudah sangat membantu.

Kompres dingin

Cara mengatasi sakit kepala secara cepat dan aman terbukti yaitu meletakkan kompres dingin. Trik ini akan mengurangi rasa nyeri secara perlahan. Kompres bisa dilakukan memakai kain lap yang direndam dengan air dingin, lalu diletakkan pada bagian kening dan leher. Bila kain lap terasa mengering dan tak dingin lagi, rendam kembali, peras dan letakkan ke bagian kening dan leher.

Memijat

Lakukan pijatan lembut sekitar area kulit kepala, leher dan belakang daun telinga. Pijatan lembut bantu mengusir nyeri, melepaskan stres dan meningkatkan sirkulasi darah. Pijatan sekitar area punggung dan leher juga sangat membantu, mintalah seseorang memijat kedua area tersebut secara lembut dengan minyak gosok atau balsem.


Itulah enam cara mengatasi sakit kepala secara cepat dan aman. Berhati-hatilah memilih obat pereda nyeri sakit kepala, jangan sering gonta-ganti obat terlalu cepat. Bila ingin menyertakan minuman kafein ke dalam proses penyembuhan, jangan minum terlalu banyak guna menghindari ketergantungan.

6 Cara Mengatasi Sakit Kepala Secara Cepat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: admin

0 comments: