Kumpulan Berita dan Informasi Terbaru. Update Artikel Unik dan Menarik Terkini Seputar Teknologi, Berita Terhangat dan Lain Sebagainya.

7 Cara Mengobati Demam Secara Alami Dan Cepat

7 Cara Mengobati Demam Secara Alami Dan Cepat - Sebagian besar masyarakat Indonesia masih salah pengertian mengenai demam, itu bukanlah sebuah penyakit, namun bentuk pertahanan tubuh terhadap infeksi. Demam dikategorikan berbahaya bila suhu temperatur tubuh mencapai 40ºC. Lalu, bagaimana cara mengobati demam secara alami dan cepat?


Mandi

Demam bisa diatasi dengan mandi atau berendam air dingin selama beberapa menit. Air dingin bantu menyejukkan kulit dan panas tubuh akan menguap ketika tubuh berendam. Jangan mandi atau berendam di malam hari, tak akan memberi efek positif apapun. Lakukan saja di pagi atau sore hari.

Kompres dingin

Bila mandi atau berendam air dingin tak bisa dilakukan malam hari, kompres tubuh memakai air dingin. Rendam handuk/kain lap bersih ke dalam ember berisi air dingin, peras lalu lap ke beberapa bagian tubuh seperti leher, dada, punggung dan sebagainya. Letakkan pula kompres dingin di bagian kening untuk meredakan rasa tak nyaman akibat demam. Cara mengobati demam secara alami dan cepat yang patut dicoba.

Pakaian tipis

Sewaktu demam, jangan mengenakan pakaian yang terlalu tebal hingga berlapis-lapis. Itu akan menjebak panas tubuh tak bisa keluar dengan bebas sehingga demam akan berlangsung lebih lama dari biasanya. Kenakan beberapa lapis pakaian tipis saja. Menurunkan suhu ruangan juga akan bantu menurunkan suhu temperatur tubuh. Nyalakan mesin kipas angin atau AC.

Banyak istirahat

Luangkan banyak waktu untuk beristirahat. Tubuh sedang dalam proses pemulihan melawan penyakit, butuh banyak energi agar bisa sembuh. Batasi kegiatan sehari-hari dengan lebih banyak tidur, istirahat dan jangan terlalu banyak beraktifitas.

Terhidrasi

Pastikan tubuh tetap terhidrasi. Tubuh harus memperoleh cukup cairan untuk melawan penyakit yang sedang merajalela di dalam tubuh. Minum air sepanjang hari, entah itu air putih dipadukan air kaldu atau jus buah.

Makanan dingin

Cara mengobati demam secara alami dan cepat yaitu mengonsumsi makanan sehat. Beberapa jenis makanan dingin seperti es lilin atau es krim juga bantu menurunkan suhu temperatur tubuh. Selain itu, jangan lupa mengonsumsi beraneka macam buah seperti apel ataupun susu fermentasi, yogurt.

Teh herbal

Beberapa jenis teh herbal dikenal ampuh menurunkan demam. Campurkan bahan-bahan berikut ke dalam sajian teh herbal, yakni cuka sari apel (apple cider vinegar), madu, kulit jeruk lemon, daun peppermint, daun stevia dan akar pleuisy. Minumlah beberapa cangkir dalam sehari agar manfaatnya lebih cepat terasa.


Itulah tujuh cara mengobati demam secara alami dan cepat. Bila demam terus berlangsung lebih dari sehari, segera konsultasi langsung ke dokter. Demam yang tidak mereda bahkan terus meningkat perlu diwaspadai dan diperiksa ke dokter sebagai langkah antisipasi.

7 Cara Mengobati Demam Secara Alami Dan Cepat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: admin

0 comments: