Kumpulan Berita dan Informasi Terbaru. Update Artikel Unik dan Menarik Terkini Seputar Teknologi, Berita Terhangat dan Lain Sebagainya.

6 Manfaat Dari Rajin Minum Air Putih

6 Manfaat Dari Rajin Minum Air Putih Minum beberapa gelas air putih setiap hari lebih baik daripada jenis minuman lain. Namun fakta berbicara sebaliknya, sebagian besar masyarakat masih kurang mengonsumsi air putih yang disarankan minimum 8 gelas sehari. Hal ini disebabkan kurangnya pengetahuan tentang manfaat dari rajin minum air putih bagi kesehatan tubuh.


Menjaga keseimbangan cairan tubuh

Tubuh manusia mengandung air sekitar 60% yang berguna untuk pembentukan air liur, penyerapan, pencernaan, pengiriman nutrisi dan penyeimbang suhu tubuh. Bila kekurangan cairan, otak akan mengirimkan sinyal ke tubuh dan menciptakan efek haus. Lebih banyak minum air putih setiap hari bukan berarti tak boleh mengonsumsi jenis minuman lain, boleh saja asalkan tak mengandung alkohol karena akan menyebabkan dehidrasi.

Pengontrol kalori

Para pelaku diet selama bertahun-tahun telah menyertakan air putih ke dalam strategi penurunan berat badan, hasil yang diperoleh luar biasa. Sebenarnya, air tak memiliki kandungan penurun berat badan, namun digunakan sebagai pengontrol kalori. Dibandingkan minuman berkalori seperti susu dan kopi, maka air putih tidak memiliki kalori. Padukan dengan makanan yang mengandung kadar air tinggi seperti oatmeal, kacang-kacangan dan sayuran agar perut tetap terasa kenyang.

Penguat otot

Salah satu manfaat dari rajin minum air putih yakni memperkuat otot. Bila cairan tubuh berkurang atau tak seimbang, otot jadi cepat lelah dan tak mampu menjalankan fungsinya. Ketika berolahraga atau beraktifitas berat, sangatlah penting meminum air putih. Berdasarkan sebuah studi, air putih wajib diminum sebelum dan sesudah beraktifitas.

Menyehatkan kulit

Bila ingin kulit tetap terlihat cantik dan sehat, minumlah banyak air putih. Kulit mengandung banyak air, namun bagian luar permukaan tubuh itu berfungsi sebagai lapisan pelindung agar tidak kekurangan cairan. Berdasarkan sebuah studi, dehidrasi akan membuat kulit tampak keriput dan kering. Bila meminum banyak air, maka permasalahan tersebut akan hilang. Namun, bukan berarti minum banyak air berlebih akan menghilangkan kerutan di permukaan kulit.

Pembersih ginjal

Menjaga keseimbangan cairan tubuh itu penting karena akan membawa limbah masuk dan keluar dari sel-sel. Tubuh mempunyai racun yang harus dikeluarkan, yakni nitrogen urea darah (blood urea nitrogen), sejenis limbah cair yang masuk ke dalam ginjal dan dikeluarkan via kencing/urin.

Bila tubuh memperoleh cairan tubuh yang seimbang, warna urin tampak pucat dan bebas bau. Bila sebaliknya, warna urin tampak pekat dan berbau. Sedikit minum air putih secara harian akan meningkatkan resiko batu ginjal. Inilah manfaat dari rajin minum air putih bagi kesehatan fungsi ginjal.

Menjaga fungsi saluran pencernaan

Minum 8 gelas air putih atau lebih setiap hari akan menjaga fungsi saluran pencernaan dan mencegah terjadinya sembelit. Bila tubuh kekurangan cairan, usus besar secara otomatis akan menarik air dari kotoran dan akibatnya adalah sembelit.


Itulah enam manfaat dari rajin minum air putih bagi kesehatan tubuh, ginjal, saluran pencernaan, kulit dan otot. Jadi, pastikan tubuh mengonsumsi minimal 8 gelas air atau lebih dalam sehari.

6 Manfaat Dari Rajin Minum Air Putih Rating: 4.5 Diposkan Oleh: admin

0 comments: