Kumpulan Berita dan Informasi Terbaru. Update Artikel Unik dan Menarik Terkini Seputar Teknologi, Berita Terhangat dan Lain Sebagainya.

Beberapa Cara Berhenti Merokok Yang Efektif Dan Berhasil

Beberapa Cara Berhenti Merokok Yang Efektif Dan Berhasil - Beberapa pecandu rokok mengaku sulit menghentikan kebiasaan buruknya. Memang, berhenti merokok tidaklah mudah, terutama bagi pecandu yang sudah bertahun-tahun setia mengisap puntung rokok. Bila sudah niat lepas dari kecanduan, cobalah beberapa cara berhenti merokok yang efektif dan berhasil pada artikel ini!


Minta dukungan

Bila ingin berhenti total, beritahu rencana anda ke semua orang, terutama teman dan keluarga. Dukungan mereka akan memotivasi anda untuk tak menyentuh satu puntung rokok. Teman-teman akan memberi apresiasi tinggi, mereka mungkin tak akan menawarkan rokok atau merokok di sekitar anda. Agar semakin termotivasi, carilah teman atau komunitas yang sama.

Buang semuanya!

Bulatkan tekad, buang segala sesuatu yang berkaitan dengan rokok, mulai dari bungkus rokok, asbak dan korek api. Buka lemari pakaian, angkat semua dan cuci bersih. Langkah ini bertujuan menghilangkan asap rokok yang menempel. Pastikan ruang kerja dan kamar tidur tak ada satupun barang yang berkaitan dengan rokok!

Terapi nikotin

Beberapa cara berhenti merokok yang efektif dan berhasil salah satunya adalah terapi penggantian nikotin (nicotine replacement therapy). Banyak cara yang bisa ditempuh seperti mengunyah permen karet. Bila berkonsultasi ke dokter, maka pecandu rokok akan diberikan resep obat minum varenicline dan bupropion. Bila ingin menjalani terapi nikotin, konsultasi langsung ke dokter.

Hindari kebiasaan buruk

Beberapa kebiasaan membuat seseorang merokok, entah itu ketika sedang ngobrol, nongkrong, minum atau melamun. Hindari terjebak dalam situasi atau kebiasaan buruk pemicu merokok. Perbanyak aktifitas pengganti sebagai pengalih perhatian, salah satunya adalah olahraga.

Hindari kopi & alkohol

Kurangi asupan minuman kopi dan alkohol. Kopi mengandung banyak kafein, tubuh akan terasa sedikit aneh bila asupan kafein tinggi tetapi tak ada nikotin. Begitu pula dengan minuman beralkohol. Lebih baik minum banyak air putih, lebih bermanfaat karena mampu mendorong nikotin dan racun keluar dari dalam tubuh.

Mood

Menurut penelitian para ahli, mood atau suasana hati mempengaruhi tingkat keberhasilan berhenti merokok. Mulailah berhenti saat mood sedang bagus, ini akan memberi motiviasi tambahan.

Menabung

Apakah cara ini cukup efektif? Tentu saja, ini akan memberi suntikan motivasi. Berapa banyak uang yang ada keluarkan sebulan? Siapkan toples kosong, isi dengan uang yang dikeluarkan setiap harinya untuk sebungkus rokok dan hitunglah di akhir bulan. Bagaimana? Apakah ingin membuang uang dengan percuma demi sebungkus rokok?


Itulah beberapa cara berhenti merokok yang efektif dan berhasil. Memang, bukan hal mudah untuk dijalani oleh pecandu rokok akut. Tak perlu buru-buru, jalani segala sesuatu dengan santai namun tetap ‘tertarget’. Bergabunglah ke komunitas dan konsultasi ke dokter demi meningkatkan persentase keberhasilan.

Beberapa Cara Berhenti Merokok Yang Efektif Dan Berhasil Rating: 4.5 Diposkan Oleh: admin

0 comments: