Kumpulan Berita dan Informasi Terbaru. Update Artikel Unik dan Menarik Terkini Seputar Teknologi, Berita Terhangat dan Lain Sebagainya.

6 Masalah Yang Memicu Munculnya Jerawat

6 Masalah Yang Memicu Munculnya Jerawat Jerawat bisa muncul kapan saja tanpa memandang usia dan jenis kelamin. Ada beberapa hal memicu jerawat tumbuh subur, tak hanya sekitar area kulit wajah, tapi beberapa bagian tubuh dan salah satunya adalah punggung. Cara terbaik mengatasinya adalah mengetahui masalah yang memicu munculnya jerawat. Apa saja?


Perubahan hormon

Jerawat muncul di beberapa area tubuh, terutama wajah, akibat perubahan hormon. Biasanya, kejadian ini sering dialami para wanita selama masa pubertas, menstruasi, kehamilan dan menopause. Jerawat tumbuh subur di permukaan kulit wajah, terutama garis rahang dan dagu.

Wanita lebih berpotensi mengalami jerawat hormonal bila dibandingkan pria. Namun pria akan mengalami hal yang sama bila kadar hormon testosteron tak seimbang yang diakibatkan mengonsumsi jenis makanan tertentu seperti kedelai atau cemilan berprotein.

Kosmetik

Masalah yang memicu munculnya jerawat adalah penggunaan jenis kosmetik tertentu. Beberapa produk rias wajah mungkin kurang ramah terhadap kulit, sehingga jerawat tak segan tumbuh subur. Produk kosmetik menyumbat pori-pori kulit dan menyebabkan iritasi. Setelah memakai produk perias, cuci bersih wajah hingga tak ada sisa kosmetik yang menempel di kulit.

Alergi makanan

Alergi makanan merupakan salah satu pemicu jerawat. Beberapa orang mengalami reaksi berbeda setelah mengonsumsi produk susu, gula, kedelai serta senyawa makanan seperti biotin, gluten dan yodium. Setelah mengonsumsi jenis makanan tertentu, jerawat akan tumbuh sekitar 4-5 hari kemudian.

Stres

Salah satu masalah yang memicu munculnya jerawat adalah stres berkepanjangan. Memang, ini tak berpengaruh langsung terhadap kesehatan kulit, namun para ahli menyertakan stres sebagai faktor pemicu jerawat. Akan tetapi, hidup bebas dari stres belum tentu bebas jerawat. Satu hal pasti, stres memperburuk kesehatan kulit, jerawat bertambah parah dan tumbuh subur.

Kurang tidur

Tidur tak hanya baik bagi tubuh, tapi kesehatan kulit. Menurut catatan para ahli, kurang tidur menyebabkan jerawat lebih mudah tumbuh di area kulit wajah. Namun, bukan berarti tidur lebih banyak membuat kulit bebas jerawat. Secara tak langsung, kurang tidur mempengaruhi kesehatan kulit. Pastikan tubuh memperoleh istirahat cukup.

Pola makan salah

Berdasarkan keterangan para ahli kulit yang berasal dari negara-negara Asia, pola makan turut mempengaruhi terbentuknya jerawat. Beberapa jenis makanan dan minuman diduga menjadi faktor pemicu, terutama yang mengandung banyak gula, kafein serta alkohol. Memang, jenis makanan tertentu seperti kedelai, produk susu dan daging mempengaruhi hormon, tak jauh berbeda seperti alergi makanan yang telah dibahas pada poin sebelumnya.


Itulah enam masalah yang memicu munculnya jerawat di permukaan kulit, terutama area wajah. Dengan mengetahui dan mempelajari masalah diatas, menentukan metode pengobatan semakin mudah. Konsultasi ke dokter ahli kulit untuk penanganan serius agar jerawat tak membandel dan datang lagi.

6 Masalah Yang Memicu Munculnya Jerawat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: admin

0 comments: