Kumpulan Berita dan Informasi Terbaru. Update Artikel Unik dan Menarik Terkini Seputar Teknologi, Berita Terhangat dan Lain Sebagainya.

6 Manfaat Ketimun Untuk Kesehatan Tubuh

6 Manfaat Ketimun Untuk Kesehatan TubuhKetimun termasuk salah satu jenis sayuran populer di kalangan masyarakat Indonesia, seringkali disajikan ke berbagai jenis masakan atau sekedar hiasan pemanis hidangan. Ketimun sering dibuat sebagai campuran rujak yang menawarkan rasa segar dan unik di lidah. Lalu, apa saja manfaat ketimun untuk kesehatan? Setiap jenis sayuran mengandung khasiat bagi tubuh, berikut ini beberapa fakta istimewa tentang ketimun yang masih belum dipahami sebagian besar masyarakat.


Pencegah dehidrasi
Ketimun termasuk jenis sayuran yang mengandung kadar air tertinggi, yakni sekitar 95% sehingga memastikan tubuh tetap memperoleh pasokan cairan yang berguna untuk menyingkirkan racun-racun berbahaya. Tak hanya itu saja, sayur ini mengandung banyak vitamin harian yang dibutuhkan tubuh setiap harinya, terutama vitamin C untuk menjaga kesehatan kulit.

Penyehat kulit
Kandungan vitamin ketimun bantu menyehatkan kulit dan rambut. Inilah manfaat ketimun untuk kesehatan kulit, terutama masalah jerawat yang bisa diatasi dengan ramuan dan jus ketimun. Kandungan sulfur dan silikon bantu merangsang pertumbuhan rambut agar semakin lebat. Sayur ini merupakan obat ampuh mengatasi mata bengkak berkat kandungan anti peradangan.

Pelawan kanker
Kanker merupakan penyakit mematikan yang ingin dihindari banyak orang. Ketimun mengandung senyawa penting yang melawan pertumbuhan kanker, seperti lariciresinol, pinoresinol, dan secoisolariciresinol. Ketiganya sudah memperoleh penelitian lebih lanjut dari para ahli dan sukses mencegah pertumbuhan beragam jenis kanker seperti prostat, ovarium, payudara dan rahim.

Penurun berat badan
Kaya kandungan air dan rendah kalori membuat ketimun sebagai sayuran favorit para pelaku diet yang ingin menurunkan berat badan. Kandungan air dan serat efektif menyingkirkan racun-racun yang menumpuk di sistem pencernaan sehingga lebih bersih. Bila dikonsumsi rutin setiap hari maka memperkecil resiko sembelit kronis.

Penurun kolesterol
Manfaat ketimun untuk kesehatan tubuh yaitu bekerja sebagai penurun kadar kolesterol. Sayur ini memang mengandung sterol yang turunkan kadar kolesterol jahat. Jus ketimun mengandung sejenis hormon yang memproduksi insulin dan diperlukan para penderita diabetes. Tekanan darah tinggi dan rendah bisa diatasi, semua berkat serat, magnesium dan potassium.

Penyehat sendi
Kaya kandungan silika, senyawa yang menyehatkan persendian. Itulah salah satu khasiat ketimun yang mengurangi potensi asam urat atau encok. Ketimun mengandung beragam nutrisi penting untuk tubuh, mulai dari vitamin A, B1, B6, C & D, folate, calcium, magnesium hingga potassium.


Demikian enam manfaat ketimun untuk kesehatan yang baik untuk menurunkan berat badan, kolesterol, mencegah dehidrasi, melawan kanker, menyehatkan kulit dan persendian. Ketimun paling nikmat disajikan sebagai jus, apalagi bila dicampur wortel, jadilah segelas jus segar kaya nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

6 Manfaat Ketimun Untuk Kesehatan Tubuh Rating: 4.5 Diposkan Oleh: admin

0 comments: