Kumpulan Berita dan Informasi Terbaru. Update Artikel Unik dan Menarik Terkini Seputar Teknologi, Berita Terhangat dan Lain Sebagainya.

5 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat pada Bayi

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat pada Bayi Beragam penyebab bayi mengalami hidung tersumbat, biasanya flu akibat perubahan suhu udara. Orang tua jelas merasa khawatir, si kecil bertingkah rewel karena sulit bernapas normal. Membawanya secepat mungkin ke dokter atau rumah sakit terdekat merupakan tindakan pertolongan pertama. Namun, bagaimana cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi saat kondisi terdesak? Jangan langsung panik sebab ada beberapa metode rumahan yang wajib dicoba.


Hangatkan si kecil
Metode rumahan sederhana yang boleh dicoba yakni menghangatkan si kecil dengan menjemurnya dibawah sinar matahari pagi. Bila situasi cuaca tak memungkinkan, coba mandikan pakai air hangat. Keduanya tak hanya memberi kehangatan, namun membuka saluran pernapasan hidung yang tersumbat. Selain berjemur dan mandi air hangat, oleskan balsem khusus bayi ke area dada dan punggung sembari memijat lembut.

Pijatan lembut
Ambil minyak telon lalu oleskan ke daerah T yang terletak diantara atas hidung dan alis. Berikan pijatan lembut sekitar area tersebut agar saluran hidung bayi tak tersumbat lagi. Bila sulit mengeluarkan lendir, berikan sedikit tekanan lembut memakai sapu tangan atau cotton bud ke area sekitar lubang hidung si kecil. Peringatan: Jangan memasukkan cotton bud terlalu dalam!

Penguapan alami
Metode penguapan atau inhalasi merupakan cara mengatasi hidungtersumbat pada bayi yang terbukti ampuh. Cukup mudah melakukannya, tuang air panas ke baskom lalu tambahkan tetesan minyak telon. Posisikan wajah si kecil tepat diatas baskom dan biarkan ia menghirup uap panas yang berasal dari air panas. Jangan posisikan wajah bayi terlalu dekat dengan baskom, atur jarak supaya ia merasa nyaman.

Posisi tidur
Hidung tersumbat membuat si kecil rewel saat tidur malam, semua itu bisa diatasi dengan mengatur posisi tidur. Bila hidung kiri si kecil tersumbat, atur posisi tidurnya ke sisi kanan dan begitu pula sebaliknya. Bagaimana bila kedua lubang hidung tersumbat? Tidurkan bayi dengan bantal kepala yang lebih tinggi sehingga lendir akan lebih mudah keluar.

Nasal aspirator
Cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi yakni memakai alat penyedot ingus khusus atau dikenal dengan istilah nasal aspirator. Alat ini terjual bebas di apotik dan harganya cukup ringan di kantong. Cara pakainya sederhana, bersihkan bagian ujung penyedot dengan kapas yang diolesi cairan alkohol 70% lalu masukkan ke saluran hidung. Perhatian: Hati-hati ketika memasukan bagian ujung alat, jangan terlalu dalam dan baca buku panduan penggunaan terlebih dahulu.


Demikianlah lima cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi saat situasi terdesak, jauh dari dokter ataupun rumah sakit terdekat. Hal pertama yang wajib dilakukan adalah tetap tenang dan tidak panik.

5 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat pada Bayi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: admin

0 comments: