Kumpulan Berita dan Informasi Terbaru. Update Artikel Unik dan Menarik Terkini Seputar Teknologi, Berita Terhangat dan Lain Sebagainya.

Cara Mencegah Dan Mengatasi Biang Keringat Di Kulit

Cara Mencegah Dan Mengatasi Biang Keringat Di KulitBerkeringat merupakan aktifitas wajar bagi tubuh manusia, namun biang keringat tentu masalah yang lebih serius. Itu terjadi akibat penyumbatan kelenjar keringat di permukaan kulit dan sering dialami bayi hingga anak-anak karena fungsi kelenjar keringat yang masih belum sempurna. Bagaimana cara mencegah dan mengatasi biang keringat?


Sebelum melakukan pencegahan dan pengobatan, coba perhatikan gejala-gejala yang muncul seperti bintil-bintil kecil yang terkadang berisi air dan berwarna merah, biasanya disertai kulit kemerahan. Area kulit yang terinfeksi terasa gatal dan panas. Bagian tubuh yang rentan yaitu paha, siku, ketiak dan punggung.

Pencegahan
Hal pertama yang wajib diperhatikan adalah pakaian. Pilih bahan yang nyaman untuk kulit, terutama gampang menyerap keringat dengan baik seperti katun. Bagi para wanita, jangan terlalu sering mengenakan baju dan celana ketat. Suhu udara ruangan yang terlalu panas merupakan salah satu pemicu utama, oleh karena itu wajib memperhatikan sirkulasi udara sekitar. Nyalakan AC pada suhu yang mampu mengusir panas dan gerah, buka jendela dan pintu agar aliran udara semakin baik.

Menjaga kebersihan tubuh merupakan salah satu cara mencegah dan mengatasi biang keringat yang sering terlupakan. Jangan lupa mandi dua kali sehari, pagi dan sore. Mandi bantu menyingkirkan debu, kotoran, minyak dan keringat yang menjadi penyebab utama pori-pori kulit tersumbat.

Pengobatan
Tidak begitu sulit untuk mengatasi biang keringat, baik secara eksternal dan internal. Metode pengobatan dari dalam (internal) yang bisa ditempuh yaitu minum banyak air putih yang bermanfaat menyeimbangkan suhu tubuh. Metode eksternal dikenal lebih mujarab, salah satu cara mencegah dan mengatasi biang keringat yakni mengoleskan lotion, salep ataupun bedak dingin yang mengandung senyawa zinc oxide.

Bila ingin mencoba pengobatan eksternal secara alami, coba buat ramuan sendiri. Siapkan piring kecil lalu masukkan masing-masing dua sendok bubuk cendana dan bubuk ketumbar. Tuangkan air mawar secukupnya lalu aduk semua bahan hingga mengental dan membentuk pasta. Oleskan ke area terinfeksi dan biarkan mengering sebelum dibilas air dingin.

Ramuan lain yang bermanfaat yakni tepung jagung dan tepung sereal yang dicampur air secukupnya hingga terbentuk pasta. Oleskan ke area terinfeksi dan tunggu sampai kering sebelum dibilas air dingin. Mandi air hangat yang dicampur baking soda juga cukup ampuh menekan pertumbuhan dan mengusir biang keringat.


Itulah cara mencegah dan mengatasi biang keringat yang menyerang beberapa area kulit seperti paha, punggung, pundak bahkan ketiak. Menjaga kebersihan tubuh dengan mandi teratur merupakan langkah terbaik yang bisa diterapkan.

Cara Mencegah Dan Mengatasi Biang Keringat Di Kulit Rating: 4.5 Diposkan Oleh: admin

0 comments: